PON 2016 Cabang Renang Perairan Terbuka

Jatim Raih Emas Kedua di Cabor Renang Perairan Terbuka

Ahmad Rofahan    •    27 September 2016 15:11 WIB
pon 2016
Jatim Raih Emas Kedua di Cabor Renang Perairan Terbuka
Momen saat Muhammad Hamgari memenangi renang perairan terbuka putra PON XIX/2016 Jawa Barat (Foto: MTVN/Ahmad Rofahan)

Metrotvnews.com, Cirebon: Atlet Jawa Timur, Muhammad Hamgari, berhasil menambah koleksi emas untuk kontingen Jawa Timur di cabang olahraga renang perairan terbuka (Laut). Hamgari berhasil finish di urutan pertama pada pertandingan terakhir di cabor tersebut, Selasa 27 September 2016.

Hamgari yang turun di nomor 3000 meter putra, tampil sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 39 menit 20,1 detik. Ia unggul atas lawan lainnya dalam pertandingan yang digelar di Pantai Tirtamaya Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu.

Sementara itu, Gavin Akbar Dharmawan dari DKI Jakarta, hanya mampu menghasilkan perak usai menorehkan waktu 39 menit 24,4 detik. Adapun, medali perunggu diraih atlet Sulawesi Selatan, Muhammad Alamzah. Ia mencapai finish dengan catatan waktu 40.11,7 detik.

BACA: Renang Perairan Terbuka Sediakan Dua Emas Terakhir

Emas yang diraih Hamgari sejatinya tidak didapat dengan mudah. Pasalnya, ia mendapat perlawanan sengit dari Gavin sejak garis start. Pertarungan dramatis antara keduanya bahkan sempat tersaji di 100 meter terakhir.

Gavin yang dalam posisi tertinggal, terus memacu seluruh kemampuannya untuk mengejar Hamgari. Namun beruntung, Hamgari masih memiliki stamina mumpuni sehingga berhasil mempertahankan posisi pertama.

BACA JUGA: Hari ini, 19 Emas Diperebutkan di Cabang Layar

“Ini pertarungan mental. Secara teknik kami imbang. Yang menentukan adalah mental,” tutur Hamgari saat prosesi pengalungan medali.

Dengan emas hari ini, Jatim telah mengoleksi emas kedua. Mereka membuntuti Jabar yang mengoleksi tiga emas. Siapa juara umum pada cabor ini akan sangat ditentukan hasil renang nomor 3.000 meter putri yang masih berlangsung.

Video: ?Taklukkan Malut, Tim Futsal Jabar Sabet Medali Emas
 


(ACF)