Bintang PON 2016 Jabar

Raina Akui Deg-degan Sebelum Sumbang Emas Perdana untuk Jabar

Roni Kurniawan    •    14 September 2016 20:12 WIB
pon 2016
Raina Akui <i>Deg-degan</i> Sebelum Sumbang Emas Perdana untuk Jabar
Raina Saumi memamerkan medali emas yang diraihnya pada nomor 400m gaya bebas perorangan putri PON 2016 Jawa Barat (Foto: MTVN/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Perenang putri Raina Saumi tak hanya sukses menyumbangkan medali emas pertama untuk Kontingen Jawa Barat di ajang PON XIX 2016. Lebih dari itu, ia juga sukses memecahkan rekor.

Raina menyumbangkan medali emas pertama untuk Jawa Barat usai jadi yang tercepat pada nomor 400m gaya bebas perorangan putri yang digelar di Kolam Renang UPI, Bandung, Rabu 14 September 2016. Raina mencatatkan waktu terbaik 4 menit 21,23 detik.

Catatan waktu tersebut tidak hanya menghasilkan medali emas, tapi juga menjadi rekor baru. Ya, Raina sukses memecahkan rekor atas namanya sendiri pada ajang PON 2012 di Pekanbaru. Saat ini, Raina sukses merebut medali emas dengan catatan waktu 4 menit 22,62 detik.

(BACA: Tim Renang Jabar Rebut 3 Medali Emas)

Atas raihan tersebut, Raina sudah dua kali berturut-turut membuat rekor baru di ajang pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Raina begitu bangga dan bersyukur bisa memecahkan rekor sendiri serta meraih medali emas pertama untuk tim Jabar. Ia mengaku gugup sebelum babak final dimulai, karena harus bersaing dengan Ressa Kania Dewi, atlet asal Jawa Barat yang membela kontingen Jawa Timur.

"Saya deg-degan bersaing dengan Ressa. Tapi saya bersyukur dan pastinya bangga buat sendiri dan juga buat Jawa Barat bisa meraih medali emas," kata Reina usai lomba.

(BACA JUGA: Arena Renang PON 2016 Dipenuhi Suporter Jatim dan Jabar)

Secara keseluruhan, tim renang Jawa Barat sukses merebut tiga medali emas pada hari pertama penyelenggaraan cabor renang. Dua medali emas lainnya disumbangkan A Fadlan Prawira pada nomor 400m gaya bebas putra, dan  Triadi Fauzi yang turun di nomor gaya ganti perorangan putra.

Profil Singkat:
Nama Lengkap: Raina Saumi Grahana Ramdhani
TTL: Bandung, 24 Oktober 1995
Prestasi: 
- Medali emas AASF Asian Age Group Championship Jakarta (2011)
- Medali Perak nomor 200m gaya kupu-kupu SEA Games 2011 (Palembang)
- Medali Perunggu SEA Games 2011 (Palembang)
- Medali emas nomor 400m gaya bebas perorangan putri PON 2012, Pekanbaru 

Video: Tim Voli Pasir Putri DKI Jakarta Kalahkan Papua 



(ACF)

Pemain Unggulan Dominasi Semifinal Bulu Tangkis Tunggal Putra
PON 2016 Cabang Bulu Tangkis

Pemain Unggulan Dominasi Semifinal Bulu Tangkis Tunggal Putra

11 minutes Ago

Semifinal bulu tangkis perorangan nomor tunggal putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Ja…

BERITA LAINNYA