Peringatan HUT ASEAN ke-50

Indonesia Juara Tenis Meja di Qatar

Rendy Renuki H    •    09 Oktober 2017 13:33 WIB
olahraga
Indonesia Juara Tenis Meja di Qatar
Dubes Indonesia untuk Qatar, Marsekal Madya (Purn) Muhammad Basri Sidehabi (menghadap kamera) bertanding tenis meja (Istimewa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia berhasil merebut gelar juara umum pada Kejuaraaan Tenis Meja ASEAN  dalam rangka memperingati ulang tahun ASEAN ke-50 yang diadakan ASEAN Committee in Doha (ACD) di Qatar Bowling Centre, Doha, Sabtu 7 Oktober lalu.
 
Kemenangan tersebut merupakan pertama kali sejak ACD dibentuk tahun 2011, dan merupakan kado istimewa bagi Indonesia menjelang rencana kunjungan Emir Qatar ke Indonesia. 
 
Kejuaraan bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan mempererat tali silaturahmi antara perwakilan dan komunitas negara anggota ASEAN di Qatar. Turnamen diikuti  Indonesia, Brunei Darussalam, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand dan Vietnam.
 
Indonesia merebut empat posisi yaitu juara tunggal putra, ganda campuran serta runner-up untuk tunggal putri dan ganda putra. Vietnam yang merupakan langganan pemenang juara umum tenis meja ASEAN hanya berhasil merebut ganda putra. Filipina merebut juara ganda putri. Sedangkan Brunei tampil secara mengejutkan dengan menggondol tunggal putri.
 
Ketua ASEAN Community in Doha (ACD), Dubes Soothorn Chaiyindeepum, menyampaikan suka citanya atas keberhasilan pelaksanaan turnamen khususnya kepada peserta dan panitia kejuaraan. Dubes Thailand ini juga menyampaikan apresiasi kepada  kepada Vietnam dan Singapura yang bertindak sebagai tuah rumah turnamen.

Baca: BWF WJC 2017 Resmi Dibuka, Indonesia Hadapi Brasil

 
Ketua ACD yang dijabat sejak Januari 2017 ini mengatakan bahwa ASEAN turnamen terbukti berhasil mempererat hubungan persaudaraan dan kebersamaan antar komunitas, keluarga dan staf perwakilan negara ASEAN sekaligus menjadikan komunitas ASEAN di Qatar.
 
Turnamen ini juga memperpisahkan Dubes Vietnam, H.E. Nguyen Hoang. dalam sambutannya Dubes Hoang menyampaikan apresiasinya pada komunitas ASEAN yang selalu kompak dan solid seperti sebuah keluarga besar.  Disampaikan pula terharunya atas kebersamaan dan rasa kekeluargaan yang dirasakannya selama bertugas di Qatar.  
"Momen ini merupakan kesempata emosional bagi saya dan keluarga," ujar Dubes yang bertugas sejak pertengahan 2015 lewat rilis yang diterima Metrotvnews.com, Senin (9/10/2017).  
 
Sementara itu Dubes Indonesia untuk Qatar, Marsekal Madya (Purn) Muhammad Basri Sidehabi didampingi Ketua DWP KBRI Doha, Andi Una Sidehabi, mengungkapkan rasa kebahagiannya atas keberhasilan Indonesia merebut juara umum. Keberhasilan ini berkat upaya kerja keras dan kebersamaan yang dilakukan tim.
 
Mantan Ketua Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia ini juga mengharapkan agar kemenangan ini berperan sebagai diplomasi multi-track guna meningkatkan kerjasama antar Perwakilan ASEAN dan sekaligus meningkatkan hubungan bilateral Indonesia-Qatar.
 
Menurut anggota Working Grup ACD, Boy Dharmawan, kejuaraan ini berperan dalam memperkuat kerjasama dan sinergi pada masyarakat ASEAN serta menjadikan ASEAN makin dikenal di Qatar.  Pemain Indonesia yang berhasil merebut juara ganda campuran, Soraya Al-yahya, menyatakan kebanggaannya atas keberhasilan Indonesia meraih juara turnamen

"Puas rasanya bisa juara umum untuk pertama kalinya.", ujarnya.     
 
Pelaksanaan turnamen ini juga bagian upaya ASEAN untuk menunjukan sebagai organisasi regional yang berhasil serta diharapkan menjadi model bagi keberhasilan organisasi lainnya di kawasan.  Kejuaraan ini juga diliput oleh media Qatar antara lain Qatar Tribune, Gulf Times dan The Peninsula.

Video: Lewis Hamilton Tercepat di GP Jepang
 


(REN)