286 Legenda Olahraga Indonesia Diberi Penghargaan Kemenpora

Rendy Renuki H    •    14 Desember 2017 12:00 WIB
kemenpora
286 Legenda Olahraga Indonesia Diberi Penghargaan Kemenpora
Menpora Imam Nahrawi (tengah) bersama para legenda olahraga Indonesia (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jakarta: Kementerian Pemudan dan Olahraga (Kemenpora) memberikan penghargaan kepada 286 legenda olahraga Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu 13 Desember malam. Penghargaan tersebut diberikan kepada para atlet yang sudah mengharumkan nama Indonesia di berbagai ajang internasional mulai dari SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade.

Bentuk penghargaan yang diberikan Kemenpora adalah piagam penghargaan dan uang tunai senilai Rp40 juta. Nominal itu diberikan kepada tiap orang legenda olahgara Indonesia.

"Inilah bentuk komitmen kuat pemerintah di era Presiden Jokowi saat ini yang lebih peduli dan berpihak pada nasib dan masa depan atlet," ujar Menpora.

"Semoga apa yang sudah diberikan kepada bangsa dan negara melalui olahraga akan dikenang selamanya, dapat menjadi pemicu dan semangat para olahragawan kita saat ini untuk maju dan berprestasi di tingkat dunia," sambungnya.

Baca: Jadwal Pertandingan Wakil Indonesia di DWSSF 2017


Beberapa legenda olahraga yang hadir pada acara tersebut adalah mantan petinju Elias Pical, legenda bulu tangkis Lim Swie King dan Eddy Hartono, hingga pesepak bola legendaris macam Aji Santoso dan Robbie Darwis.

Adapun kriteria legenda peenerima penghargaan adalah yang berusia di atas 45 tahun, serta punya reputasi di Olimpiade, Asian Games, dan SEA Games sebanyak tiga kali. Di luar itu adalah legenda yang berprestasi tak tinggi namun membuat magnet masyarakat atau melegenda di masyarakat.

Daftar cabang olahraga penerima penghargaan: anggar (3 orang), atletik (12), angkat besi (6), bina raga (2), bulutangkis (44), balap sepeda (5), basket (4), bridge (7), catur (2), dayung (17), judo (12), karate (8), menembak (3), pencak silat (21), panahan (4), renang (7), sepakbola (54), selancar (1), senam (4), sepak takraw (2), tenis (11), tenis meja (11), tinju (6), voli (36), paralimpik (2) dan pebalap (2). 

 


(REN)