NEWSTICKER

NEWS

Eks Jamwas: Tuntutan untuk Putri Candrawathi Terlalu Ringan

Eks Jamwas: Tuntutan untuk Putri Candrawathi Terlalu Ringan

HOTROOM • 5 hours ago

Mantan Pelaksana Tugas Jaksa Agung Muda Bidang Pegawasan (Jamwas), Jasman Mangandar Panjaitan, memberi kritik untuk jaksa penuntut umum yang menangani perkara tindak pidana pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat. Ia menyebut tuntutan 8 tahun untuk Putri terlalu ringan.

Jasman dengan tegas mengatakan Putri Candrawati termasuk sebagai pelaku utama. "Seharusnya, PC (Putri Candrawati) ini, termasuk pelaku utama, dia sebagai pembujuk," kata Jasman.

Dengan demikian, tuntutan hukuman untuk perempuan yang menjadi terdakwa itu tidak boleh berbeda jauh dengan Ferdy Sambo. Jasman dengan tegas mengatakan ada yang tidak sinkron dalam tuntutan untuk para terdakwa.

Tuntutan Jaksa ke Putri Candrawathi Dinilai Keliru

Tuntutan Jaksa ke Putri Candrawathi Dinilai Keliru

HOTROOM • 5 hours ago

Mantan jaksa senior Jasman Mangandar Panjaitan menilai jaksa penuntut umum (JPU) di kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, kurang profesional dan kurang optimal dalam melakukan penuntutan terhadap para terdakwa.

Bahkan menurut Jasman Panjaitan ada rasa ketidakadilan yang dirasakan masyarakat atas tuntutan JPU ke para terdakwa yang dinilai tidak sinkron dan tidak masuk dalam logika masyarakat. Menurut Jasman tuntutan kepada terdakwa Bharada E serta tuntutan jaksa ke Putri Candrawathi dan Ferdy Sambo tidak sinkron.

Menurut Jasman, jaksa yang ditunjuk untuk menangani kasus sebesar Sambo ini seharusnya benar-benar pilihan dari seluruh Indonesia.

Tuduhan Pemerkosaan Putri Dinilai Bisa Bebaskan Sambo

Tuduhan Pemerkosaan Putri Dinilai Bisa Bebaskan Sambo

HOTROOM • 5 hours ago

Tuduhan kubu Sambo dan Putri berfokus pada pemerkosaan yang dilakukan Brigadir J. Pakar Hukum Pidana Ahmad Sofian menyebut tuduhan pemerkosaan Putri Candrawathi itu bisa membebaskan hukuman Ferdy Sambo.

"Kalau selingkuh artinya argumentasi Sambo untuk menyatakan bahwa dia dalam keadaan emosional melakukan tindakan pembunuhan itu menjadi gugur," kata Pakar Hukum Pidana, Ahmad Sofian.

Ahmad Sofian mengatakan, kalau tuduhan itu perselingkuhan, maka penembakan yang dilakukan Sambo atas dasar emosional tidak berlaku. Akan tetapi, jika pemerkosaan itu yang dilakukan, maka penembakan atas dasar emosional itu jadi berlaku.

Sebelumnya, jaksa menuntut Putri Candrawathi dihukum selama delapan tahun penjara. Dia dinilai terbukti melanggar Pasal 340 KUHP jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Putri dinilai ikut mengakibatkan nyawa Brigadir J hilang dan luka mendalam bagi keluarga. Tindakan Putri juga menyebabkan keresahan dan kegaduhan di tengah publik.

2 dari 7 Pelaku Ganjal ATM di Pinang Ditangkap

2 dari 7 Pelaku Ganjal ATM di Pinang Ditangkap

Headline News • 5 hours ago

Satu warga mengalami kerugian ratusan juta rupiah setelah menjadi korban ganjal ATM di wilayah Pinang, Kota Tangerang. Berkat rekaman CCTV, dua dari tujuh pelaku berhasil dibekuk Polres Metro Kota Tangerang. 

Untuk melancarkan aksinya, para pelaku yang teridentifikasi sebanyak tujuh orang ini memiliki peran masing-masing. Pelaku diketahui sudah beraksi sepuluh kali, di wilayah Tangerang Raya dan sekitarnya.

Usai melakukan aksinya, pelaku kemudian mencairkan uang tunai dari atm korban ke atm pelaku. Pelaku Y mengatakan, bahwa hasil uang kejahatan dibagi rata. Ia mendapat satu buah handphone dan uang tunai Rp10 juta.

Sementara itu, Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Zain Dwi Nugroho, mengatakan, korban mengalami kerugian seratus juta rupiah.

Dari tujuh pelaku, dua orang berhasil dibekuk unit Reskrim Polsek Pinang, Polres Metro Tangerang Kota. Sedangkan lima orang pelaku yang sudah di identifikasi, masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Diduga Rem Blong, Sedan Tabrak Beton Pembatas di Fly Over Tapal Kuda

Diduga Rem Blong, Sedan Tabrak Beton Pembatas di Fly Over Tapal Kuda

Headline News • 5 hours ago Kecelakaan

Sebuah sedan mewah terguling usai menabrak beton pembatas jalan di fly over Tapal Kuda, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (3/1/2023). Kecelakaan ini diduga mobil mengalami rem blong.
 
Mobil itu hilang kendali akibat mengalami rem blong pada saat melintasi fly over Tapal Kuda. Pengemudi yang panik langsung berusaha menghentikan kendaraannya dengan cara menabrak beton pembatas jalan. 

Beruntung tidak ada korban dalam peristiwa tersebut. Namun, pengendara mobil mengalami shock atas peristiwa kecelakaan yang dialaminya.

Mobil yang dikendarai ringsek pada bagian depan. Saat ini, kasus kecelakaan telah ditangani unit laka lantas Jakarta Selatan. 

Mendagri Pimpin Rakor Kepala Daerah se-Papua di Kota Sorong

Mendagri Pimpin Rakor Kepala Daerah se-Papua di Kota Sorong

Headline News • 6 hours ago

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian dan Wakil Mendagri John Wempi Wetipo melakukan kunjungan ke Kota Sorong, Papua Barat Daya, Jumat (3/2/2023). Kunjungan Mendagri tersebut dalam rangka melakukan rapat koordinasi dengan kepala daerah se-tanah Papua di Vega Hotel Kota Sorong.

Wamendagri Wenpi Wetipo dalan wawancaranya menjelaskan bahwa rakor tersebut pertama kali dipimpin oleh Mendagri untuk mensinergikan kebijakan pemerintah pusat dengan di daerah.

“Hari ini lengkap yang hadir, semua Bupati, Gubernur dan Walikota serta Plh dan Pj. Hadir hari ini. Rakor ini intinya membahas mulai dari pembangunan infrastrukturnya, kebijakan pemerintah untuk pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) yang tujuannya adalah untuk kesejahteraan masyarakat, kemudian kesehatan dan pendidikan. Jadi semuanya dibahas,“ jelas Wenpi.

Disinggung soal konsep pembangunan pada 4 DOB yang baru yakni Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya, Wamen menjelaskan hal tersebut akan dibahas dalam waktu dekat.

Kapolda Jatim Gelar Rapat Kesiapan Harlah 1 Abad NU Bersama Forkopimda

Kapolda Jatim Gelar Rapat Kesiapan Harlah 1 Abad NU Bersama Forkopimda

Headline News • 6 hours ago

Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jawa Timur menggelar Rakor kesiapan pengamanan kegiatan puncak Harlah 1 Abad NU, di Gedung Rupatama, Mapolda Jawa Timur, Selasa (31/1/2023) lalu.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Toni Harmanto,MH, dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf juga turut hadir.

Dalam sambutannya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberikan penguatan bagaimana terkait dengan rekayasa lalu lintas maupun pengalian arus. Karena ini akan berpengaruh pada sektor lain dan daerah lain.

Untuk acara puncak resepsi satu abad Harlah NU 2023 rencananya akan digelar non stop selama 24 jam oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa (7/2/2023). Perlu diketahui jadwal perayaan Harlah NU 2023 ini didasarkan pada kalender Hijriah berdirinya Nahdlatul Ulama, yaitu 16 Rajab 1344 H.

Skenario Perselingkuhan Bisa Beratkan Hukuman Putri Candrawathi

Skenario Perselingkuhan Bisa Beratkan Hukuman Putri Candrawathi

HOTROOM • 6 hours ago

Pakar hukum pidana Ahmad Sofian menilai bahwa skenario perselingkuhan Putri Candrawathi bisa menguntungkan Richard Eliezer dan Ricky Rizal. Bahkan, skenario itu bisa memberatkan hukuman Putri.

"Ada skenario yang disusun, ada rencana jahat antara PC dengan Ferdy Sambo," ujar Ahmad Sofian.

Ahmad Sofian menambahkan, jika skenario itu ada dan hakim yakin, terdakwa lainnya tidak bisa dikenakan Pasal 340 KUHP. Melainkan, hanya Putri dan Sambo yang dapat dikenakan pasal tersebut.

Sebelumnya dalam sidang pleidoi di PN Jaksel, Putri Candrawathi bersikukuh menyampaikan dirinya mendapatkan kekerasan seksual dari Brigadir J. Putri nampak menangis ketika menceritakan trauma yang dirasakannya.

Selain itu, dalam nota pembelaannya, Putri mengungkapkan cacian dan makian dari publik membuat mentalnya terguncang. Bahkan, seolah mendorong untuk mengakhiri hidup.

Gencarakan Literasi, Chappy Hakim Rilis 3 Buku Baru

Gencarakan Literasi, Chappy Hakim Rilis 3 Buku Baru

Metro Malam • 6 hours ago

KSAU periode 2002-2005, Marsekal (purn) Chappy Hakim, kembali menerbitkan tiga buku dalam acara “Literasi Akhir Pekan Jilid II”, Kamis (26/1/2023). Acara ini digelar di Graha Ardhya Loka, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, dengan tujuan menggencarkan literasi untuk masyarakat. 

Acara itu merupakan lanjutan dari “Literasi Akhir Pekan Jilid I”, yang diselenggarakan 17 Desember 2022. Ketiga buku yang diterbitkan Chappy Hakim berjudul, Misteri Dirgantara, Penerbangan dan Keamanan Nasional, Humaniora Chappy Hakim, serta 75 Tahun Chappy Hakim dalam gambar.
 
Chappy Hakim menjelaskan, acara ini dikemas dengan lebih santai dengan menggabungkan antara writers gathering, books launching, dan live music. Namun, acara ini tetap mengedepankan kegiatan promosi untuk meningkatkan literasi masyarakat.

Lawan Inter, AC Milan Bisa Bangkit?

Lawan Inter, AC Milan Bisa Bangkit?

Soccer Time • 6 hours ago

Derby della Madonnina di Serie A menjadi salah satu partai yang ditunggu-tunggu di pekan depan. Duel antara Inter Milan vs AC Milan digelar di Stadion Giuseppe Meazza (San Siro), Senin (6/2/2023) sekitar pukul 02.45 WIB.

Inter Milan memiliki perform yang lebih baik dan pantas difavoritkan untuk mengungguli sang rival sekota. Inter akan bertindak sebagai tuan rumah dalam Derby della Madonnina kali ini di Giuseppe Meazza.

Sementara itu, AC Milan sedang jeblok menjelang laga derby. Pasukan Stefano Pioli itu tidak menang dalam enam pertandingan terakhir di semua kompetisi.

Perlu diketahui, Inter dan Milan belum lama ini berduel di Piala Super Italia pada pertengahan Januari. Inter menang meyakinkan dengan skor 3-0 atas Milan.

Menkeu Yakin Ekonomi Indonesia Mampu Bertahan di Tengah Inflasi 2023

Menkeu Yakin Ekonomi Indonesia Mampu Bertahan di Tengah Inflasi 2023

Metro Malam • 6 hours ago

Sejumlah negara berjuang untuk bangkitkan kembali sektor ekonomi, pascapandemi Covid-19. Menurut Menteri Keuangan, Sri Mulyani, mengatakan kondisi ekonomi Indonesia mampu tetap bertahan dan memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik, Jumat (3/2/2023). 

Berbicara dalam kuliah umum yang bertajuk “Kondisi Ekonomi dan Fiskal di Ttahun Politik”, dalam rangka memperingati hari HUT ke-53 Media Indonesia, Sri Mulyani menyebut perekonomian Indonesia sudah pulih secara kuat dalam satu tahun terakhir. Salah satunya terlihat dari sektor pariwisata dan transportasi yang mulai pulih. 

Ia menambahkan, adanya pelemahan ekonomi global mungkin tidak separah yang diperkirakan. Sri Mulyani optimistis pada semester kedua 2023, bakal terlihat kinerja positif dengan turunnya inflasi, tekanan harga yang mulai menurun.
 
Sementara itu, Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia menyebut, Indonesia telah berhasil melampaui target investasi 2022. Kinerja investasi Januari hingga Desember 2022 menyentuh Rp1.207 triliun, dengan capaian 100,6 persen dari target.

PKS Bertemu NasDem, Sepakat Jaga Soliditas Kebangsaan

PKS Bertemu NasDem, Sepakat Jaga Soliditas Kebangsaan

Top News • 6 hours ago

Sejumlah petinggi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyambangi kantor DPP Partai NasDem untuk menggelar pertemuan, Jumat (3/1/2023) sore. Ada sejumlah hal yang dibahas, di antaranya kedua partai sepakat untuk menjaga stabilitas politik dan soliditas kebangsaan dengan baik.

"Ini obrolan yang saya sebut sebagai hype politik, hal-hal yang menyangkut kehidupan bernegara kita," kata Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, M Sohibul Iman.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Mohammad Sohibul Iman mengatakan pertemuan PKS dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh beserta jajaran pengurus DPP NasDem berlangsung dengan cair dan penuh keakraban, serta membahas permasalahan besar bangsa.

Selain itu, kedua partai juga berharap agar perhelatan demokrasi 2024 nanti berlangsung secara jujur dan adil, serta tetap menjaga kedaulatan rakyat.

Peringati HUT ke-53 Media Indonesia, 30 Tenant Hadir di Festival Kopi Nusantara

Peringati HUT ke-53 Media Indonesia, 30 Tenant Hadir di Festival Kopi Nusantara

Kabar dari Kedoya • 6 hours ago nasional

Dalam rangka HUT ke-53 Media Indonesia menggelar Festival Kopi Nusantara 2023 dengan menghadirkan lebih dari 30 tenant kopi dari berbagai daerah. Di hari terakhir festival ini masih dipadati para pengunjung yang datang ke Kompleks Media Group Network, Kedoya, Jakarta Barat, Jumat (3/2/2023).

Festival Kopi Nusantara menjadi sebuah tradisi HUT Media Indonesia sejak 2018 lalu. Acara ini merupakan wujud dari upaya mengembangkan generasi muda untuk lebih berinovasi dan berkreasi. 

Harapannya, agar para pegiat kopi dari hulu ke hilir bisa mendiskusikan dengan berbagai pihak, terutama regulator untuk menumbuhkan industri kopi di Indonesia. 

Mayat Bocah Laki-Laki Ditemukan Mengapung di Sungai Gelis Kudus

Mayat Bocah Laki-Laki Ditemukan Mengapung di Sungai Gelis Kudus

Headline News • 6 hours ago

Mayat bocah laki-laki (9) yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD) ditemukan mengapung di Sungai Gelis, turut Gang Tidar, Desa Singocandi, Kecamatan Kudus Kota, Kudus, Jawa Tengah, Jumat (3/2/2023). Diketahui, jasad tersebut merupakan satu dari dua bocah yang tenggelam saat bermain di sungai tersebut. 

Mayat anak tersebut ditemukan oleh warga yang tengah mencari cacing di bantaran sungai. Dikabarkan, masih ada satu lagi anak yang tenggelam, namun belum ditemukan. 

”Tadi ditemukan sekitar pukul 14.30 WIB, oleh orang yang cari cacing. Awalnya dikira boneka. Posisi ditemukan itu tengkurap, nyangkut di pohon bambu,” kata Hakam (28) warga sekitar. 

Penemuan jasad anak tersebut lantas dilaporkan ke ketua RT setempat dan kepolisian. Tak berselang lama jasad anak tersebut dievakuasi. 

Mobil Pengiring Pengantin di Jombang Terguling, 13 Terluka

Mobil Pengiring Pengantin di Jombang Terguling, 13 Terluka

Headline News • 6 hours ago

Sebuah mobil pengiring pengantin terguling di Jalan Raya Nasional Desa Tunggorono, Kecamatan Jombang Kota, Kabupaten Jombang, Jumat (3/2/2023). Dalam kecelakaan tunggal itu, 13 orang penumpang mengalami luka-luka.

Saat kecelakaan terjadi, ada 25 penumpang di dalam mobil Elf dengan nomor polisi W 7128 AE tersebut. Mobil pengiring pengantin itu berasal dari Krian, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. 

Kanit Penegakan Hukum (Gakkum) Satlantas Polres Jombang Ipda Anang Setianto mengatakan, rombongan itu berangkat dari Nganjuk dan rencana hendak pulang ke Krian. Mobil disopiri Dwi Saefulloh (32), warga Krian, Sidoarjo.

"Rombongan ini berangkat dari Nganjuk pulang ke Krian. Jadi, mungkin karena faktor human error. Ini laka tunggal," kata Anang.

PKS & NasDem Kompak Jaga Solidaritas di Pemilu 2024

PKS & NasDem Kompak Jaga Solidaritas di Pemilu 2024

Metro Malam • 6 hours ago NasDem

Petinggi partai PKS menyambangi kantor DPP Partai NasDem untuk menggelar pertemuan, Jumat (3/2/2023). Kedua partai sepakat untuk menjaga stabilitas politik dan soliditas kebangsaan dengan baik. 

Wakil Ketua Majelis Syuro Pks, Mohammad Sohibul Iman mengatakan, pertemuan itu membahas permasalahan besar bangsa. Pertemuan PKS dengan Ketua Umum Partai NasDem, beserta jajaran pengurus Partai NasDem, berlangsung dengan cair dan penuh keakraban.

Selain itu, kedua partai juga berharap perhelatan demokrasi 2024 bisa berlangsung secara jujur dan adil, langsung, serta tetap menjaga kedaulatan rakyat.

Sri Mulyani: Ekonomi Indonesia Pulih Secara Kuat dan Merata

Sri Mulyani: Ekonomi Indonesia Pulih Secara Kuat dan Merata

Top News • 6 hours ago

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemulihan ekonomi Indonesia terjadi merata di semua daerah. Tidak hanya terjadi di lintas sektor, tetapi juga terjadi di lintas regional. Sri Mulyani optimistis Indonesia akan bisa melalui berbagai tantangan global.

"Ekonomi Indonesia pulih secara kuat, kita tidak boleh jumawa," ujar Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Berbicara dalam kuliah umum yang bertajuk "Kondisi Ekonomi dan Fiskal di Tahun Politik" dalam rangka memperingati hari ulang tahun Media Indonesia ke-53, Menteri Sri Mulyani menyebut perekonomian Indonesia sudah pulih secara kuat dalam satu tahun terakhir.

Adapun sebagai contoh, yaitu Bali. Sektor pariwisata mulai pulih setelah sebelumnya terdampak akibat pandemi, begitu juga sektor transportasi yang sudah kembali normal.

Ia menambahkan, adanya pelemahan ekonomi global mungkin tidak separah yang diperkirakan, tetapi tetap ada. Sri Mulyani optimistis pada semester kedua 2023 bakal terlihat kinerja positif dengan turunnya inflasi, harga yang mulai stabil dan tekanan harga yang mulai menurun.

Selain itu, Sri Mulyani juga menyebut rasio utang pemerintah dalam APBN masih dalam batas wajar. Selain itu, nilai utang hingga akhir 2022 mencapai 7.733 triliun dengan rasio utang ke produk domestik bruto (PDB) sebesar 39,57%.

 Kompor Gas Meledak, Rumah Warga di Tomang Terbakar

Kompor Gas Meledak, Rumah Warga di Tomang Terbakar

Top News • 7 hours ago nasional

Diduga akibat kompor meledak sebuah rumah berlantai dua milik Ketua RT di kawasan Tomang, Jakarta Barat hangus terbakar. Sebanyak 16 unit mobil pemadam kebakaran suku dinas Jakarta Barat dikerahkan untuk memadamkan api, Jumat (3/2/2023). 

Kebakaran ini bermula ketika salah seorang penghuni rumah ingin memasak air untuk membuat kopi. Diduga tabung gas bocor hingga api pun membesar.

Api berhasil dipadamkan pada pukul 07.00 WIB malam setelah 16 unit mobil Pemadam Kebakaran Jakarta Barat dikerahkan ke lokasi. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini. Namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Minyak Goreng Bersubsidi Langka di Majalengka

Minyak Goreng Bersubsidi Langka di Majalengka

Top News • 7 hours ago

Minyak goreng bersubsidi langka di sejumlah pasar tradisional berbagai daerah, salah satunya di Majalengka, Jawa Barat. Selain itu, harganya pun mengalami kenaikan hingga Rp15 ribu per liter.

Minyak goreng bersubsidi juga langka di Pasar Sentral Majene, Sulawesi Barat karena tidak adanya pasokan. Kelangkaan ini terjadi sejak awal 2023, dan harganya pun melambung tinggi.

Adapun minyak goreng curah dalam jeriken 5 liter misalnya, naik dari kisaran Rp60 Ribu-Rp70 ribu menjadi Rp80 ribu per jeriken.

Sementara itu, pedagang di pasar tradisional Gudang Tigaraksa, Kabupaten Tangerang mengaku sudah dua pekan terakhir tidak menjual minyak subsidi "minyakita". Lantaran tak lagi mendapat pasokan dari agen dan distributor.

Pelaku Pembunuhan Perempuan di Sungai Sukabumi Ditangkap

Pelaku Pembunuhan Perempuan di Sungai Sukabumi Ditangkap

Top News • 7 hours ago nasional

Satreskrim Polres Sukabumi, Jawa Barat akhirnya berhasil menangkap pelaku pembunuhan seorang perempuan berusia 24 tahun bernama Cici Lestari yang ditemukan di aliran sungai Cipelang, Sukabumi. Sebelum membunuh korban, pelaku juga memperkosa dan menganiaya korban.
 
Rekaman CCTV menjadi alat bukti Satreskrim Polres Sukabumi, Jawa Barat bersama Unit Reskrim Polsek Warudoyong berhasil mengungkap pelaku pembunuhan seorang perempuan yang ditemukan tanpa busana di aliran sungai Cipelang, 25 Januari lalu. 
 
Pelaku berinsial R (36), warga Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi ditangkap Tim Buser di terminal Jubleg Nyalindung setelah memperkosa dan menganiaya korban. Korban dalam kondisi tanpa busana kemudian terseret arus sungai hingga tewas dan ditemukan sejauh 300 meter dari TKP.
 
Ditemukan sejumlah barang bukti berupa pakaian, sandal dan sejumlah barang milik korban di bawah kolong jembatan jalan Lingkar Selatan Sukabumi. Dari hasil penyelidikan polisi, pelaku bertemu dengan korban di salah satu minimarket jalan Lingkar Selatan dan mengajaknya main ke tempat sepi yang sudah direncanakan oleh pelaku. 

Arif Rachman Bongkar Budaya Institusi Polri: Rentan Penyalahgunaan Relasi Kuasa

Arif Rachman Bongkar Budaya Institusi Polri: Rentan Penyalahgunaan Relasi Kuasa

Headline News • 7 hours ago persidangan sambo

Terdakwa kasus perintangan penyidikan (obstruction of justice) pembunuhan Brigadir J, Arif Rachman Arifin membongkar budaya di Institusi Polri yang membuat bawahan sulit untuk menolak perintah atasan. Dalam pleidoinya, Arif menyebut ada batasan yang tegas antara bawahan dan atasan.

"Sungguh, tidak semudah membaca kalimat dalam peraturan tentang 'menolak perintah atasan'," ujar Arif Rachman di ruang sidang, Jumat (3/2/2023).

"Tidak semudah melontarkan pendapat, 'kalau saja begini, jika saja begitu, mengapa tidak melakukan ini, mengapa tidak bersikap begitu'," tambahnya.

Arif menjelaskan bahwa ada sebuah budaya di organisasi Polri yang sangat rentang penyalahgunaan relasi kuasa. Maka, batasan tegas antara atasan dan bawahan di kepolisian terasa begitu nyata.

Sebelumnya, Arif Rachman mengaku kecewa kejujurannya untuk mengungkap penyebab tewasnya Brigadir J tak didukung oleh Hendra Kurniawan. Akan tetapi, Hendra justru menghadapkan Arif dengan Ferdy Sambo.

Misteri Perubahan Warna Mobil Pensiunan Polisi Penabrak Mahasiswa UI

Misteri Perubahan Warna Mobil Pensiunan Polisi Penabrak Mahasiswa UI

Metro Malam • 7 hours ago

Mobil pensiunan polisi, AKBP Purnawirawan Eko Setia Budi Wahono menjadi sorotan saat proses rekonstruksi ulang. Pasalnya warna mobil yang dikendarai Eko kini berubah jadi putih, padahal dalam rekaman kamera CCTV,  tampak jelas bahwa warna mobilnya berwarna hitam. 
 
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman membenarkan, Eko mengecat mobilnya setelah penyidikan kasus tersebut dihentikan atau SP3. Namun, Kombes Latif memastikan mobil yang dipakai rekonstruksi merupakan mobil yang sama saat kecelakaan. 

Sebelumnya kecelakaan antara mahasiswa UI dengan pensiunan polisi itu terekam kamera CCTV di lokasi kejadian. Dalam rekaman itu tampak kondisi lalu lintas tampak lengang dan terlihat ada sepeda motor yang melambatkan lajunya, diduga hendak berbelok. Dari arah belakang, melaju sepeda motor yang dikendarai Hasya dan terjatuh ke kanan. 
 
Dari arah berlawanan mobil Pajero yang dikemudikan Eko, melaju dengan kencang. Dalam hitungan detik, Hasya tertabrak dan diduga terlindas. Setelah kecelakaan terjadi, pensiunan polisi itu tak membawa Hasya ke rumah sakit. Hasya sempat tergeletak selama 45 menit di pinggir jalan, hingga akhirnya meninggal dunia. 

Anak DPRD Jambi dan Sang Pacar Terlibat Kecelakaan Menggunakan Mobil Dinas

Anak DPRD Jambi dan Sang Pacar Terlibat Kecelakaan Menggunakan Mobil Dinas

Top News • 7 hours ago

Mobil dinas pimpinan DPRD Jambi mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Thehok, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi, Kamis (2/2/2023) malam. Akibatnya, pengemudi yang merupakan anak dari anggota DPRD dan sang pacar yang menjadi penumpang harus menjalani perawatan di Rumah Sakit Siloam.

Kasat Lantas Polresta Jambi Kompol Aulia mengatakan terdapat dua orang yang ada di dalam mobil tersebut. Keduanya sudah dilakukan tes urine dan dinyatakan negatif narkoba.

Menurut keterangan warga, mobil yang dikendarai anak anggota DPRD Jambi itu melaju sangat kencang sehingga kecelakaan terjadi. 

“Kronologinya, mobil roda empat Toyota Camry BH 1842 Z (plat merah) melaju dari arah Simpang Bandara lama ke arah simpang Adipura,” kata Kompol Aulia.

Namun, di depan Rumah Sakit Siloam mobil tersebut menabrak tiang. Akibatnya, mobil tersebut menyerempet mobil Toyota Caliya hingga bagian depannya rusak berat

“Untuk sementara ini, pengemudi mobil Toyota Camry dilakukan perawatan di Rumah Sakit Siloam,” imbuhnya.

Pengacara Tersangka Tabrak Lari Mahasiswi Cianjur Klaim Ada Pelaku Lain

Pengacara Tersangka Tabrak Lari Mahasiswi Cianjur Klaim Ada Pelaku Lain

Metro Malam • 7 hours ago

Kasus dugaan tabrak lari yang menewaskan Selvi Amalia Nuraeni, mahasiswi Universitas Suryakencana Cianjur di Jalan Raya Cianjur, Bandung, pada 20 Januari 2023 lalu, hingga kini masih terus berlanjut. Tim kuasa hukum tersangka, Sugeng Guruh Gautama pengemudi mobil audi, bersikeras kliennya bukan pelakunya dan diduga ada pelaku lain dalam peristiwa ini.

Tim kuasa hukum menganggap, hasil penyidikan dan penelusuran pihak polisi berbeda dari penelusuran kuasa hukum. Selain itu, Sugeng juga bingung dengan adanya perubahan barang bukti kendaraan. Nomor seri dan plat nomor mobil Audi yang dikemudikan Sugeng berubah.

Selain itu, body mobil yang awalnya mulus, kini justru ada bekas goresan di bagian depan mobil. Kini polisi masih terus mendalami kasus dugaan tabrak lari ini, untuk mengetahui lebih lanjut kecelakaan yang menewaskan mahasiswi Universitas Suryakencana itu.

9 Hakim MK Dilaporkan Soal Dugaan Pemalsuan Surat

9 Hakim MK Dilaporkan Soal Dugaan Pemalsuan Surat

Primetime News • 7 hours ago nasional

Pertama dalam sejarah sembilan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Pelaporan terkait tindak pidana diduga karena mengubah substansi putusan perkara nomor 103/PUU-XX/2022 soal uji materi Undang-Undang MK yang membahas pencopotan hakim Aswanto. 

Pakar hukum tata negara Feri Amsari menilai tidak mungkin kesembilan hakim MK dilaporkan ke polisi. Baiknya dilaukan pemeriksaan etik di Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK). Setelah diketahui siapa hakim yang terlibat, maka akan dilaporkan secara pidana ke kepolisian. 

"Ada baiknya prosesnya dimulai dari pemeriksaan etik di Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK). Begitu diketahui siapa pelakunya dari kesembilan hakim yang ada kalau memang ada hakim yang terlibat maka barulah orang tersebut yang akan dilaporkan secara pidana ke kepolisian", urai akar hukum tata negara Feri Amsari saat live dalam program Primetime News, Metro TV, Jumat (3/2/2023).

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi (MK) diduga mengubah substansi putusan uji materi perkara nomor 103/PUU-XX/2022. Sebab, kalimat pada petikan putusan yang dibacakan hakim di ruang sidang berbeda dengan yang ada di salinan putusan. Dugaan perubahan substansi ini diungkap oleh penggugat perkara nomor 103/PUU-XX/2022, yakni Zico Leonard Djagardo Simanjuntak. Zico menduga ada individu hakim mengganti substansi itu sebelum dipublish di website MK.

Kompol Dwi Yanuar Mukti Dinyatakan Langgar Kode Etik & Ditahan Usai Terbukti Berselingkuh

Kompol Dwi Yanuar Mukti Dinyatakan Langgar Kode Etik & Ditahan Usai Terbukti Berselingkuh

Top News • 8 hours ago

Gara-gara ketahuan berselingkuh, Kompol Dwi Yanuar Mukti Setyawan dinyatakan melanggar etika dan ditahan oleh Polda Metro Jaya. Kompol Dwi berselingkuh dengan Nur, seorang perempuan yang merupakan penumpang mobil sedan Audi A6 yang menabrak mahasiswi Selvi Amalia hingga tewas di Cianjur pada 20 Januari lalu.

Polda Metro Jaya buka suara perihal anggota polisi yang disebut memiliki hubungan dekat dengan Nur. Polda Metro Jaya mengatakan, Kompol Dwi Yanuar Mukti Setyawan yang bertugas di Polda Metro Jaya memiliki hubungan dengan Nur sejak April 2021 lalu.

Nur mengaku Kompol Dwi merupakan suaminya. Ia juga menyatakan mobil yang ditumpanginya termasuk dalam iring-iringan polisi yang sudah mengantongi izin.

Selvi Amalia Nuraeni meninggal dunia akibat setelah ditabrak oleh mobil yang kemudian kabur meninggalkan lokasi kejadian pada 20 Januari lalu. Sejauh ini polisi hanya menetapkan sopir mobil Audi, Sugeng sebagai tersangka, meski Sugeng sudah membantah dirinya menabrak korban.

Perampok Berpistol Mainan di Bekasi Babak Belur Dihajar Warga

Perampok Berpistol Mainan di Bekasi Babak Belur Dihajar Warga

Top News • 8 hours ago

Seorang perampok berpistol mainan di Kampung Kandang Roda, Desa Serang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat babak belur dihajar warga. Pelaku yang berusaha menyekap korbannya gagal melakukan aksi karena korban berteriak sehingga memancing warga kelokasi kejadian.
 
Sejumlah warga di lokasi menjelaskan, pelaku yang datang seorang diri langsung masuk ke kamar korban dan mengancam dengan pistol mainan. Pelaku juga sempat berusaha menyekap korban dengan lakban.

Namun aksi pelaku gagal usai korban berteriak dan memancing perhatian warga yang langsung berdatangan ke lokasi. Pelaku sempat menjadi bulan-bulanan warga hingga akhirnya polisi tiba di lokasi dan mengamankan pelaku dari amukan massa. Selanjutnya pelaku diamankan ke kantor Polsek Cikarang Selatan.

Ronaldo 'R9' El Fenomeno Sepakbola Dunia

Ronaldo 'R9' El Fenomeno Sepakbola Dunia

Soccer Time • 8 hours ago

Sebelum Cristiano Ronaldo mengukir nama besarnya di sepakbola dunia, terdapat Ronaldo lain yang sukses menjadi fenomena. Dia adalah Ronaldo Luis Nazario De Lima, bintang Timnas Brazil yang dijuluki el fenomeno itu punya banyak gol berkelas yang dikenal orang hingga sekarang.

Untuk diketahui, Ronaldo mulai banyak dikenal publik sepakbola dunia saat bermain gemilang bersama klub asal Belanda PSV Eindhoven. Semusim disana ia lalu diboyong Barcelona ke Camp Nou saat usianya baru 19 tahun. Bersama tim itu Ronaldo mampu mengemas 34 gol dari 37 laga. 

Ronaldo lalu hengkang ke Inter Milan semusim berselang. Di musim debutnya bersama Labanemata, el fenomeno sukses mendapatkan Ballon Do'r, setelah mengemas 49 gol dari 68 penampilan dan membantu Inter Milan merebut trofi Liga Eropa musim 1997-1998. Termasuk berhasil membawa Brazil keluar sebagai Runner Up Piala Dunia 1998 dan juara Piala Dunia 2022.

Ronaldo lalu memutuskan pindah ke Real Madrid. Kembali ke Liga Spanyol, el fenomeno sukses mencetak 83 gol dari 127 laga, sekaligus menyegel gelar Ballon Do'r keduanya sebelum akhirnya memutuskan pensiun di 2011 karena cedera lutut parah yang tidak kunjung sembuh.

Kesaksian Kuat Ma'ruf soal 'Duri dalam Rumah Tangga' Sambo-Putri, Ini Penjelasan Pengacara

Kesaksian Kuat Ma'ruf soal 'Duri dalam Rumah Tangga' Sambo-Putri, Ini Penjelasan Pengacara

Primetime News • 9 hours ago

Tim pengacara terdakwa Kuat Ma'ruf menjelaskan makna pernyataan 'duri dalam rumah tangga' yang dijadikan acuan Jaksa meyakini adanya perselingkuhan Putri Candrawathi dengan Brigadir J. Menurut tim pengacara, tafsir Jaksa dapat berakibat fatal dan seolah-olah membuat kliennya turut terlibat dalam perencanaan pembunuhan Yosua.

"Bahwa terkait dengan pernyataan terdakwa yang disampaikan dalam persidangan yang menyatakan 'Ibu harus lapor Bapak, jangan sampai ini menjadi duri dalam rumah tangga', keterangan terdakwa di muka persidangan pada 9 Januari 2023, maksud dari perkataan terdakwa tersebut tidak lain karena terdakwa setelah melihat tingkah laku korban yang mencurigakan," kata salah satu pengacara Kuat di persidangan.

Dalam kasus ini diketahui Kuat Ma'ruf dituntut 8 tahun penjara dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua. Jaksa meyakini Kuat Ma'ruf terlibat dalam perencanaan pembunuhan Yosua bersama Ferdy Sambo, Richard Eliezer, Ricky Rizal, dan Putri Candrawathi.

Bukti Rekaman CCTV Membuka Tabir Kecelakaan Hasya

Bukti Rekaman CCTV Membuka Tabir Kecelakaan Hasya

Primetime News • 9 hours ago nasional

Polisi telah menggelar rekonstruksi ulang kecelakaan maut yang melibatkan mahasiswa UI, M Hasya Attala Syahputra dengan pensiunan polisi, AKBP (Purn) Eko Setio. Polisi menemukan bukti rekaman CCTV detik-detik kecelakan yang memperlihatkan ketika Hasya terkapar lebih dari 30 menit dan tidak langsung dibawa kerumah sakit. 

Pakar Hukum Pidana Hibnu Nugroho mengungkapkan seharusnya Polda Metro Jaya sebagai mediator bahwa perkara ini harus selesai dalam suatu kecelakaan lalu lintas. Disebutkan bahwa dalam kasus ini tidak ada yang menang. Namun, AKBP AKBP (Purn) Eko Setio dinilai salah karena telah menabrak dan menelantarkan.

"Polda Metro Jaya harus memberikan suatu sebagai mediator bahwa perkara ini harus selesai dalam suatu kecelakaan lalu lintas. Salahnya sudah berubah, konteks ini tidak ada yang menang bahwa AKBP juga salah menabrak dan menelantarkan. Mahasiswa sudah meninggal tidak bisa sebagai tersangka karena kalau tersangka," urai Pakar Hukum Pidana Hibnu Nugroho dalam wawancara live program Primetime News, Metro TV, Jumat (3/2/2023).

Menurut Hibnu, adanya rekaman CCTV menunjukkan kejanggalan sejak awal atas kecelakaan mahasiswa UI dengan pensiunan anggota polisi. Rekaman CCTV akan memperlihatkan kejadian yang sebenarnya dan tak akan terbantahkan. Apalagi jika polisi menggunakan rekaman CCTV sebagai alat bukti penyidikan.

Baiquni Wibowo Minta Divonis Bebas

Baiquni Wibowo Minta Divonis Bebas

Top News • 9 hours ago

Baiquni Wibowo terdakwa obstruction of justice pembunuhan berencana Brigadir J meminta dibebaskan dari segala tuntutan jaksa. Tim penasehat hukum Baiquni berpendapat, ada unsur-unsur dalam dakwaan yang tidak terbukti dalam proses persidangan.

Hal tersebut disampaikan Junaedi Saibi, salah satu kuasa hukum Baiquni usai menjalani sidang dengan agenda pembacaan pledoi atas tuntutan terhadap Baiquni Wibowo. Junaedi menjelaskan pihaknya telah menguraikan secara detail analis yuridis pasal-pasal dari tuntutan, dalam sidang pledoi yang dibacakan selama kurang lebih satu setengah jam.

Menurut tim kuasa hukum, masih banyak unsur dakwaan yang tidak terbukti, sehingga hakim diharapkan bisa membebaskan Baiquni Wibowo dari tuntutan pidana penjara dua tahun dan denda Rp10 juta.

6 Tersangka Kasus Pornografi Jaringan Internasional Berhasil Ditangkap

6 Tersangka Kasus Pornografi Jaringan Internasional Berhasil Ditangkap

Primetime News • 9 hours ago

Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri menangkap enam tersangka kasus asusila, pornografi, dan judi online jaringan internasional.  Tiga orang di antaranya berperan sebagai penyiar daring (streamer) konten asusila atau prostitusi.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol. Djuhandhani Rahardjo Puro mengatakan pengungkapan kasus ini berawal dari perkara asusila yang melibatkan anak di bawah umur yang terjadi di Brebes, Jawa Tengah. Hal ini diungkapkan dalam konferensi pers di Bareskrim Polri Jakarta, Jumat (2/3/2023).

"Kami menangkap enam orang pelaku di tiga wilayah berbeda, yakni Kepulauan Riau (Kepri), Jakarta, dan Jawa Barat," kata Djuhandhani seraya.

Djuhandhani mengungkap para tersangka yang ditangkap bernama Intan Permatasari Sofwan (27), Rudi (28), dan Nani Suryani alias Risma (22). Mereka berperan sebagai streamer yang melakukan aksi pornografi.

Selanjutnya, adapula tiga tersangka lain yakni Ryssen (30) yang berperan sebagai pencuci uang, Aditya Adi Putra (25) sebagai penadah, dan Jefri Bin Pui Hui Alias Koh Asan (29) sebagai akuntan.

Arif Rachman Kecewa Tak Didukung Hendra saat Ingin Ungkap Skenario Sambo

Arif Rachman Kecewa Tak Didukung Hendra saat Ingin Ungkap Skenario Sambo

Primetime News • 9 hours ago persidangan sambo

Terdakwa Arif Rachman Arifin juga mengaku kecewa kejujurannya untuk mengungkap penyebab tewasnya Brigadir J tak didukung oleh Hendra Kurniawan. Hal itu disampaikan Arif saat menjalani persidangan dengan agenda nota pembelaan sebagai terdakwa di PN Jakarta Selatan hari, Jumat (3/1/2023).

Arif mengaku mengetahui rangkaian peristiwa tewasnya Brigadir J yang disampaikan Ferdy Sambo merupakan kebohongan setelah melihat rekaman CCTV.

Ia mengatakan, saat itu Brigadir J tampak masih hidup ketika Sambo tiba di rumah dinas komplek Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan. Arif kemudian melaporkan hal itu kepada Hendra Kurniawan dengan harapan mendapat dukungan untuk melaporkannya kepada pimpinan Polri.

Akan tetapi, Hendra justru menghadapkan Arif dengan Sambo. Dalam pertemuan itu, Sambo meminta Arif untuk menghapus file rekaman CCTV yang ditontonnya.

Mantan Wakapolri Oegroseno: Tindakan Hendra Cs Melanggar Kode Etik Profesi, Bukan Obstruction of Justice

Mantan Wakapolri Oegroseno: Tindakan Hendra Cs Melanggar Kode Etik Profesi, Bukan Obstruction of Justice

Primetime News • 10 hours ago persidangan sambo

Mantan Wakapolri Komjen (Purn) Oegroseno menilai Hendra Kurniawan cs tidak bisa disebut sebagai terdakwa obstruction of justice, karena yang dilakukan mereka adalah pelanggaran profesi. Dengan status obstruction of justice kepada Hendra Kurniawan cs bisa merusak citra polri. 

"Hendra Kurniawan Cs itu adalah peristiwa pasca-pembunuhan yang kemungkinan ada kesalahan pada saat olah TKP. Itu merupakan pelanggaran profesi, tidak bisa dikaitkan dengan obstruction of justice yang murni. Obstruction of justice yang murni itu menghilangkan baju, menghilangkan senjata, dan menghilangkan bukti-bukti ," kata Komjen Pol (Purn) Oegroseno, Jumat (3/2/2023).

Ia juga mengungkap bahwa kasus pidana pembunuhan Brigadir J adanya dua kasus yang berbeda. Antara lain yakni kasus pidana pembunuhan dan kasus pelanggaran profesi. Sementara yang dipidana akibat pembunuhan, yakni Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Richard Eliezer, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf.

Adapun yang dipidana akibat tidak profesional dalam menjalankan tugasnya, antara lain Hendra Kurniawan, Agus Nurpatria, Arif Rachman Arifin, Chuck Putranto, Baiquni Wibowo dan Irfan Widyanto.

Sementara itu, Pakar Hukum Pidana Asep Iwan Iriawan juga menilai jika hakim mempunyai alasan untuk menghapus status terdakwa, karena perintah jabatan. Maka, seharusnya para terdakwa obstruction of justice harus dilepaskan.

Sebelumnya, sidang terdakwa kasus perintangan penyidikan (obstruction of justice) tewasnya Brigadir J masuk babak nota pembelaan. Sidang digelar di dua ruangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (2/3/2023).

Perludem: Uji Sistem Pemilu Terbagi 2 Kubu

Perludem: Uji Sistem Pemilu Terbagi 2 Kubu

Primetime News • 10 hours ago

Nuansa politik dalam pengujian sistem pemilu ini sangat kental. Kekuatan politik di parlemen dapat dikatakan terdikotomi atau terbagi dalam dua kelompok. Baik yang mendukung ataupun yang menolak pengujian sistem pemilu ini.

Dewan Pembina Perludem Titi Angraini menyebut, pengujian Undang-Undang di Mahkamah Konstitusi (MK) adalah sebuah prosedur yang memang konstitusional dan dimiliki oleh warga negara untuk menguji norma-norma yang dianggap inkonstitusional.

"Bagi kami yang bergerak di isu pemilu MK ini sudah menjadi oase yang ketika menghadapi kebuntuhan untuk mewujudkan sebuah regulasi yang demokratis bagi gerakan masyarakat sipil, MK itu menjadi penetralisirnya," ujar Titi Angraini dalam Primetime News Metro TV, Jumat (2/3/2023).

Sementara itu, Mantan Hakim Konstitusi I Gede Dewa Palguna menyebut kewenangan yang dimiliki MK itu menunjukkan adanya judicialization of politics. Hakim konstitusi sulit untuk dipengaruhi, persepsi juga menjadi bagian dari pertimbangan bagaimana seorang hakim berperilaku.

"Kalau menurut saya, seberapa kuat pertimbangan hukum atau ratio decidendi MK dalam memberikan pertimbangannya sebelum tiba pada amar putusan menolak atau mengabulkan," ujar I Gede Dewa Palguna.

Arif Rachman Menangis Minta Maaf ke Polri saat Bacakan Pleidoi

Arif Rachman Menangis Minta Maaf ke Polri saat Bacakan Pleidoi

Primetime News • 10 hours ago persidangan sambo

Terdakwa obstruction of justice Arif Rachman Arifin menangis menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat dan Polri saat pembacaan nota pembelaan di PN Jaksel, Jumat (3/2/2023). Arif memohon maaf karena hanya bisa terdiam ketakutan tidak mampu menolak perintah atasannya.

"Kepada keluarga besar dan Polri, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, kepada Polri yang saya cintai senior, guru, telah mendidik dan membimbing," ujar Terdakwa Arif Rachman Arifin.

Arif juga meminta maaf kepada juniornya di institusi Polri. Ia mengaku telah mengecewakan dan belum mampu menjadi pribadi yang baik.

Sudah 2 Pekan Minyak Goreng Bersubsidi Langka & Naik Harganya

Sudah 2 Pekan Minyak Goreng Bersubsidi Langka & Naik Harganya

Metro Hari Ini • 11 hours ago

Sudah dua pekan pasokan MinyaKita di pasar menyurut. Harga minyak goreng bersubsidi dalam kemasan tersebut juga merangkak naik sejak dari distributornya.  

Selain harganya yang mahal, para pedagang juga harus memilih barang yang dijadikan paket dengan barang lain. Misalnya, mereka harus membeli lima bungkus margarin untuk setiap satu dus minyak goreng subsidi.

Salah satu pedagang menyebut walaupun permintaan tidak terlalu tinggi tetapi pembeli selalu mencari minyak goreng bersubsidi tersebut. Minimnya pasokan dan permintaan yang tidak berkurang, membuat harganya pun melonjak. 

 

Kasus Brigadir J, Pakar: Vonis Hakim Harus Sesuai dengan Peran Terdakwa

Kasus Brigadir J, Pakar: Vonis Hakim Harus Sesuai dengan Peran Terdakwa

Primetime News • 11 hours ago

Pakar Hukum Pidana, Jamin Ginting menyebut putusan hakim di perkara ini bukan hanya untuk kepentingan perkara tersebut, tetapi juga untuk kepentingan kedepan. Bagaimana membangun sistem hukum pidana yang baik dan benar, sehingga ada yurisprudensi yang bisa diikuti oleh hakim-hakim berikutnya.

Tidak ada lagi upaya hukum yang dapat dilakukan para terdakwa pembunuhan Brigadir J. Vonis hakim harus memenuhi rasa keadilan masyarakat, hukuman yang diberikan harus sesuai dengan porsi dan kedudukan, serta peran masing-masing terdakwa.

"Jadi bukan tindak pidananya saja, tetapi keadaan yang melekat pada orang tersebut. Contohnya keadaan Richard Eliezer sebagai JC, keadaan Ferdy Sambo adalah orang pangkat tinggi. Keadaan itu, ikut menentukan berat ringannya suatu perbuatan pidana," ujar Jamin Ginting.

Sementara itu, Peneliti ICJR Iftitahsari menyatakan kasus ini dapat berdampak pada kasus-kasus kedepan yang melibatkan JC, sehingga putusan hakim dalam kasus ini akan memperlihatkan pesan kedepan soal bagaimanan kita seharusnya memperlakukan JC. 

"Sehingga bagaimana kita memberlakukan JC dengan tidak semestinya, maka ditakutkan kedepan ini akan menjadi prasidang buruk yang bisa menghalangi orang-orang atau saksi pelaku yang bekerja sama untuk mau menjadi JC," ujar Iftitahsari. 

Arif Rachman: Hendra Kurniawan Tidak Mendukung Pengungkapan Kejanggalan Kasus Brigadir J

Arif Rachman: Hendra Kurniawan Tidak Mendukung Pengungkapan Kejanggalan Kasus Brigadir J

Metro Hari Ini • 11 hours ago nasional

Terdakwa kasus obstruction of justice pembunuhan Brigadir J, Arif Rachman Arifin mengungkapkan ia tak mendapat dukungan dari Hendra Kurniawan sebagai atasanya langsung untuk mengungkap kejanggalan kasus tersebut. Hendra justru membawanya kehadapan Ferdy Sambo dan diminta untuk menghapus file rekaman CCTV.

"Saya telah memohon arahan dari atasan langsung yang saat itu saya dapat diberikan perlindungan dan dukungan serta arahan tentang ketidaksesuaian dan kejanggalan. Saya malah dihadapkan kepada Ferdy Sambo yang justru meminta menghapus file tersebut," ujar Arif Rachman. 

Menurut Arif, susana ketika melakukan hal tersebut sangat tegang sehingga ia tidak bisa mengontrol emosi serta air mata. 

"Dalam suasana yang tegang saya terlihat tidak bisa mengontrol lagi emosi dan air mata, kondisi menjadi tak menentu dan sulit diprediksi" urainya.

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu se-ASEAN di Istana Merdeka

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu se-ASEAN di Istana Merdeka

Metro Hari Ini • 11 hours ago

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan para Menteri Luar Negeri (Menlu) ASEAN dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) ASEAN. Presiden menekankan ASEAN harus menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dunia.

Pertemuan itu berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (3/2/2023). Presiden Jokowi menyambut Sekjen ASEAN Kao Kim Hourn dan para Menlu anggota ASEAN. 

Menurut Menlu Indonesia Retno Marsudi, ada dua hal yang ditekankan oleh Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut. Pertama, ASEAN tidak boleh menjadi proxy siapapun serta sentralitas dan kesatuan ASEAN harus selalu dijaga 

Kedua, ASEAN harus menjadi epicentrum of growth atau pusat pertumbuhan ekonomi dunia di tengah gelapnya proyeksi ekonomi dunia saat ini. Namun, ASEAN harus mampu menjaga perdamaian di kawasan. 

Tim Kecil dan Anies Berkumpul di Markas Demokrat, Penjajakan Koalisi Perubahan Semakin Solid

Tim Kecil dan Anies Berkumpul di Markas Demokrat, Penjajakan Koalisi Perubahan Semakin Solid

Metro Hari Ini • 12 hours ago

Bakal calon presiden Anies Baswedan bersama Tim Kecil penjajakan Koalisi Perubahan menggelar pertemuan di Kantor DPP Partai Demokrat. Pertemuan itu dihadiri juga Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.
 
"Tadi acara berjalan dengan sangat baik, cair, dan tentu penuh dengan semangat kebersamaan," kata AHY di Kantor DPP Demokrat, Menteng, Jakarta, Kamis (2/2/2023).
 
Dia menyampaikan pertemuan tersebut memiliki arti. Yakni, ketiga partai semakin solid mewujudkan Koalisi Perubahan. 

"Kami Insya Allah akan terus menjalankan berbagai misi bersama, tentu untuk menyukseskan," ungkap dia.

Hal senada disampaikan Anies. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan pembahasan tim kecil bahkan sudah semakin teknis terkait deklarasi Koalisi Perubahan.
 
"Jadi sore hari ini kita membahas soal itu. Alhamdullilah makin solid, makin teknis," kata Anies.

PKS dan Partai NasDem Sepakat Jaga Demokrasi Tetap Kondusif

PKS dan Partai NasDem Sepakat Jaga Demokrasi Tetap Kondusif

Metro Hari Ini • 12 hours ago

Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman bertemu dengan Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh. Sohibul mengatakan pertemuan yang terjalin kurang lebih dua jam itu membicarakan politik kebangsaan.
 
Sohibul bersama Surya Paloh sepakat untuk menjaga dinamika politik yang terus meningkat, sehinggakondisi politik di Indonesia dapat tetap stabil dan kondusif.
 
"Sehingga perhelatan demokrasi kita ke depan ini adalah merupakan persyaratan demokrasi yang rasional dan juga konstitusional," ujar Sohibul di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Jumat, (3/2/2023).

Sohibul berharap Pemilu 2024 dapat berjalan dengan jujur dan adil (jurdil), sehingga kedaulatan rakyat melalui pesta demokrasi dapat ditunaikan.
 
Selain itu, sesama partai Koalisi Perubahan, PKS dan NasDem, kata Sohibul ingin berkontribusi besar bagi perbaikan sistem politik ke depan. Ia mengajak semua politikus untuk memberikan keteladanan dalam berpartisipasi di Pemilu 2024.

Mobil Penabrak Mahasiswa UI Ganti Warna Cat Saat Rekonstruksi Ulang

Mobil Penabrak Mahasiswa UI Ganti Warna Cat Saat Rekonstruksi Ulang

Metro Hari Ini • 12 hours ago

Saat terlibat peristiwa kecelakaan dengan motor milik Hasya Atallah Syahputra, mobil Pajero B 2447 RFS milik AKBP (Purn) Eko Setia Budi Wahono berwarna hitam. Namun, mobil tersebut tiba-tiba berubah menjadi putih saat menjalani proses rekonstruksi ulang.

Pakar Hukum Pidana Asep Iwan Iriawan menyebut warna cat kendaraan tidak dapat diubah sembarangan karena harus sesuai dengan data STNK atau BPKB. Apalagi mobil tersebut digunakan sebagai barang bukti dalam kasus kecelakaan yang menewaskan seseorang.

Lebih lanjut, Asep menjelaskan bahwa ada hal yang harus segera dibuat terang oleh kepolisian dalam peristiwa kecelakaan yang menyangkut purnawirawan Polri.

"Karena yang menjadi masalah sekarang itu, ditabrak, tertabrak, atau menabrak. Itu memang yang harus dibuka dari kasus ini," jelas Asep dalam wawancara dengan MGN, Jumat (3/2/2023).

Menurut Asep, sebagai mantan anggota Polri, AKBP (Purn) Eko Setia Budi Wahono harusnya sudah memahami persoalan ini. Terutama perihal pergantian warna cat kendaraan, dirinya pasti sudah tahu kalau itu tidak diperbolehkan.

Dirlantas Polda Metro Jaya Benarkan Mobil Penabrak Mahasiswa UI Ganti Warna

Dirlantas Polda Metro Jaya Benarkan Mobil Penabrak Mahasiswa UI Ganti Warna

Metro Hari Ini • 12 hours ago

Mobil pensiunan polisi, AKBP (Purn) Eko Setia Budi Wahono menjadi sorotan saat proses rekonstruksi ulang. Pasalnya, warna mobil yang dikendarai Eko kini berubah jadi putih, padahal dalam rekaman kamera CCTV tampak jelas bahwa warna mobilnya berwarna hitam.

Rekonstruksi ulang kecelakaan antara Mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah Syahputra, dengan kendaraan pensiunan polisi ini telah dilakukan guna mencari titik terang. Namun ada yang janggal, mobil Pajero B 2447 RFS milik Eko berubah warna menjadi putih.

Jika melihat dari rekaman kamera CCTV di lokasi kejadian di ruas Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan tampak jelas. Warna mobil yang dikendarai mantan Kapolsek Cililitan itu berwarna hitam.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman membenarkan, Eko mengecat mobilnya setelah penyidikan kasus itu dihentikan (SP3). Namun, Kombes Latif memastikan mobil yang dipakai rekonstruksi merupakan mobil yang sama saat kecelakaan.

Sebelumnya, kecelakaan antara Mahasiswa UI Muhammad Hasya dengan pensiunan polisi itu terjadi pada 6 Oktober 2022. Kejadian itu terekam kamera CCTV yang berada di lokasi kejadian.

Sebuah rekaman CCTV dari lokasi menggambarkan secara jelas detik-detik kecelakaan maut itu terjadi. Terlihat sebelum korban jatuh dan terlindas mobil milik Eko, korban terjatuh terlebih dahulu karena menghindari motor lain yang berhenti di depannya.

Hanya beberapa detik berselang, mobil SUV yang melaju dalam kecepatan tinggi langsung melindas korban dan motor korban. Kini, status tersangka ditetapkan penyidik Ditlantas Polda Metro Jaya terhadap Mahasiswa UI yang menjadi korban kecelakaan maut.

9 Hakim MK Dituduh Terlibat Pemalsuan Surat Putusan, Ahli Hukum: Pelapor Harus Fokus ke Pokok Masalah

9 Hakim MK Dituduh Terlibat Pemalsuan Surat Putusan, Ahli Hukum: Pelapor Harus Fokus ke Pokok Masalah

Metro Hari Ini • 12 hours ago

Pelaporan ke polisi sembilan hakim konstitusi dengan dugaan pemalsuan surat putusan judicial review UU MK tentang pencopotan hakim Aswanto dianggap terburu-buru. Pihak pelapor perlu mengkaji terlebih seksama keputusannya menuding para hakim MK terlibat.

"Terlalu pagi kalau kita mengatakan ini skandal sudah masuk kategori pemalsuan surat. Tapi juga terlalu cepat kalau kita menyatakan ini sekedar pelanggaran etik," kata ahli hukum dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Chairul Huda.

Di dalam wawancanyanya dengan Metro TV, Jumat (3/2/2023), diingatkannya bahwa pelapor seharusnya fokus kepada permasalahan. Yaitu ada perbedaan antara surat putusan yang dibacakan Ketua Majelis Hakim MK Saldi Isra dengan salinan surat putusan perkara bersangkutan yang terbit setelah pembacaan putusan. 

"Sehingga bisa dinilai tentang aspek pemalsuan surat atau pelanggaran kode etik," sambung Chairul Huda.

Pelaporan ke polisi dilakukan oleh seorang advokat bernama Zico Leonard Djagardo Simanjuntak. Selain sembilan hakim MK, pelapor juga mempolisikan dua panitera MK atas dugaan perubahan substansi putusan terkait uji materi UU MK yang membahas pencopotan Aswanto sebagai hakim MK.

Di dalam laporannya disebutkan bahwa putusan MK Nomor 103 yang diduga berubah yaitu frasa 'dengan demikian' yang diucapkan di sidang pada 23 November 2022 berubah menjadi 'ke depannya' di surat salinan putusan. Pelapor mendalilkan bahwa perubahan itu telah mengubah substansi putusan. 

 

Pengakuan Dede sebagai Anggota Serial Killer Wowon Cs

Pengakuan Dede sebagai Anggota Serial Killer Wowon Cs

Metro Hari Ini • 12 hours ago nasional

Tersangka kasus pembunuhan berantai Wowon Cs yakni Dede Solehudin alias Dede mengaku memiliki peran aktif dalam pembunuhan yang menewaskan sembilan korban. Ia juga mengaku melakukan hal tersebut karena tergiur kekayaan seperti uang sebesar Rp500 juta, rumah dan kendaraan.

Dalam kasus ini, Dede bertugas sebagai penjemput TKW bersama dengan Duloh serta menggali lubang untuk mengubur para korban. Dede juga sempat dirawat di rumah sakit karena sempat mencicipi kopi beracun buatan rekannya yakni Duloh.

Kini, Wowon Cs telah ditetapkan sebagai tersangka. Sementara ini, mereka dijerat Pasal 340 juncto Pasal 338 dan 339 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) terkait pembunuhan berencana.

Pengemudi Mobil Audi A8 Bersikeras Tidak Menabrak Korban

Pengemudi Mobil Audi A8 Bersikeras Tidak Menabrak Korban

Metro Hari Ini • 13 hours ago

Kasus dugaan tabrak lari yang menewaskan Mahasiswi Universitas Suryakencana Cianjur, Selvi Amalia Nuraeni, di Jalan Raya Cianjur, Bandung pada 20 Januari 2023 lalu, hingga kini masih terus berlanjut. Pengacara pengemudi mobil Audi bersikeras pelakunya bukan kliennya.

"Saat dicek barang bukti mobil, pertama kali diperlihatkan oleh kepolisian kepada Sugeng, ia membantah bahwa plat nomor dan seri berbeda," kata Pengacara Sugeng Guruh Gautama/Tersangka, Yun Yun Taraga.

Pihak kepolisian sudah menetapkan status tersangka kepada Sugeng Guruh Gautama selaku pengemudi mobil Audi, namun Sugeng bersikeras tidak menabrak korban. Pengacara tersangka, Yun Yun Taraga tetap bersikeras bahwa pelakunya diduga ada pelaku lain dengan mobil serta sopir yang berbeda dalam rombongan Polda Metro Jaya.

Yun Yun menganggap hasil penyidikan dan penelusuran pihak polisi berbeda dengan kubu tersangka. Bahkan, Sugeng mengaku kebingungan dengan kondisi mobilnya berubah setelah dijadikan barang bukti oleh pihak polisi.

Selain itu, nomor seri dan plat nomor mobil Audi yang dikemudikannya jadi berubah. Body mobil awalnya tidak ada lecet atau goresan, namun kini jadi ada bekas goresan di bagian depan mobil.

Kuasa Hukum Hendra Kurniawan & Agus Nurpatria: Mereka Hanya Jalankan Perintah Atasan

Kuasa Hukum Hendra Kurniawan & Agus Nurpatria: Mereka Hanya Jalankan Perintah Atasan

Headline News • 13 hours ago

Kuasa hukum Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria menyebut kedua terdakwa hanya menjalankan perintah atasan sehingga kuasa hukum menilai kedua terdakwa ini dapat diberlakukan dasar penghapusan pidana yang sesuai dengan Pasal 51 ayat 1 KUHP.

Kuasa hukum juga menegaskan bahwa kedua terdakwa ini tidak mengetahui peristiwa yang sebenarnya. Mereka hanya mengetahui skenario tembak menembak yang diutarakan oleh Ferdy Sambo pada 8 Juli 2022 lalu.

Terdakwa obstruction of justice kasus pembunuhan Brigadir J, Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria menjalankan sidang lanjutan dengan agenda pembacaan nota pembelaan (pleidoi) di PN Jakarta Selatan, Jumat (3/2/2023). 

Puluhan OTK Serang Warung di Jalan Keputih Surabaya

Puluhan OTK Serang Warung di Jalan Keputih Surabaya

Metro Hari Ini • 13 hours ago

Puluhan orang tak dikenal (OTK) menyerang sebuah warung di Jalan Keputih, Surabaya, Jawa Timur. Gerombolan yang mengendarai sepeda motor itu tiba-tiba menyerang pengunjung warung hingga berhamburan melarikan diri.

Dalam rekaman video, terlihat detik-detik saat puluhan orang menyerang warung es kelapa muda itu. Rekaman berdurasi kurang dari satu menit ini dengan jelas merekam kejadian penyerangan. Sejumlah warga yang sedang bersantai di warung langsung melarikan diri  ketakutan.

Tidak jelas apa motif penyerangan itu, namun para pelaku merusak warung dan melempar botol serta sejumlah benda lainnya yang ada di sekitar warung.

Warga sekitar mengaku penyerangan oleh OTK sudah terjadi dua kali di sekitar warung tersebut. Warga pun sudah melapor dan berharap polisi melakukan patroli rutin agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

 Kementan Naikkan Target Hilirisasi Produk Kopi pada 2023

Kementan Naikkan Target Hilirisasi Produk Kopi pada 2023

Metro Bisnis • 13 hours ago

Kementerian Pertanian (Kementan) menaikkan target hilirisasi produk kopi Indonesia sekitar 15-20 persen pada 2023. Kementan juga mengembangkan 10 juta bibit kopi agar Indonesia memiliki stok kopi dengan varietas unggul dalam dua tahun ke depan. 

Saat membuka Festival Kopi Media Indonesia, Mentan Syahrul Yasin Limpo menegaskan pamor kopi saat ini sedang naik. 

Kementan bertekad menjadikan kopi Indonesia sebagai menu wajib di seluruh dunia sehingga dapat mendongkrak nilai ekspor dan kesejahteraan petani.